Tips seo cara membuat pengunjung ramai

Views

Tips SEO cara membuat blog ramai pengunjung pernah ditanyakan seorang sahabat melaluiemail beberapa waktu yang lalu. Setelah membaca artikel cara cepat dapatkan ribuan pengunjung dantips jitu meningkatkan trafik, ternyata belumlah cukup memuaskan keinginannya, karena ternyata terdapat kelebihan maupun kekurangan untuk masing-masing tehnik SEO tersebut.

Sebelum saya ulas lebih lanjut mengenai apa saja yang menjadi nilai positif dan negatifnya, sebaiknya saya tegaskan dulu disini bahwa jangan pernah menerapkan suatu ilmu SEO secara saklek alias tanpa ditinjau dan diresapi terlebih dulu. Dan satu hal yang juga sangat penting namun seringkali tidak disadari oleh saya dan mungkin beberapa dari sahabat yang membaca artikel ini: trafik hanya dapat diraih kalau alamat URL blog kita muncul di halaman depan Google atau Yahoo, sehingga begitu ngotot mengotak-atik artikel atau melahap semua kiat SEO apa adanya selama saat dicek dengan search engine belum ada address website, biasanya berwarna hijau, bertuliskan http://besteasyseo.blogspot.com/.

Kita seringkali terperangkap oleh direct traffic dan lupa akan indirect traffic. Wah apalagi ini ya :) Mudah-mudahan akan diulas lebih dalam di artikel mendatang.

Dan inilah plus minusnya yang mudah-mudahan dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi:

1. Memanfaatkan momentum. Memang betul dengan memanfatkan waktu yang tepat dan dikombinasikan dengan tehnik penyebaran keyword serta estimasi kombinasi kata kunci yang mengena dapat secara cepat meledakkan pengunjung blog. Tetapi, hal ini hanya berlangsung sesaat. Paling dua-tiga hari visitor turun dengan sangat drastis.
2. Smart blogwalking. Cara ini cukup menjanjikan untuk dapatkan puluhan atau bahkan ratusan blogwalker dalam sehari. Namun sayangnya, selain waktu luang harus banyak, mereka yang datang ke website kita umumnya adalah pengunjung lama. Uniqe Visitor kita menjadi rendah. Ditambah lagi kita tidak menerapkan tehnik mempertahankan pengunjung atau trik agar pengunjung setia kembali keblog kita. Dijamin sepi :)
3. Gabung mybloglog. Trik ini bila diterapkan dapat meningkatkan Unik VIsitor yang cukup tinggi. Namun seringkali yang terjadi adalah hanya menjadi kunjungan pertama sekaligus yang terakhir. Belum lagi kalau ternyata teman yang kita tambahkan berasal dari negara lain, sedangkan artikel yang kita tulis adalah dalam bahasa Indonesia (bukan bahasa Inggris). Dampaknya: loyalitas mereka pastilah rendah dan kita selalu harus membangun traffic dari bawah lagi. Add friend forever :)

Dari ulasan di atas, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar semua yang telah kita terapkan tidaklah menjadi sia-sia belaka:
1. Jangan hanya memanfaatkan tapi ciptakan momentum. Saat orang banyak membaca berita ledakan bom JW marriott dan penarasan dengan info terakhir saksi kunci pelakunya, pastilah mereka juga penasaran apakah hal ini sudah diketahui atau diprediksi sebelumnya. Nah kira-kira siapa ya yang paling cepat tahu dibandingkan intelijen atau aparat keamanan? Mama Lauren bukan :) Segeralah buat terkait ramalan beliau sebelum dan pasca ledakan tersebut. Efek yang kita terima menjadi berlipat ganda!
2. Jangan hanya sekedar blogwalking tetapi tinggalkan jejak yang baik melalui komentar yang positif dan bermanfaat. Paling bagus adalah meninggalkan link di tengah komentar, karena umumnya orang menjadi penasaran "siapa sih yang buat komentar yang sebagus ini? Kebetulan ada linknya...segera menuju ke TKP!" Bisa jadi yang datang tidak hanya pemilik blog tetapi mereka yang ikut berkomentar.Double dong hasilnya!
3. Jangan hanya sekedar menambah teman di Mybloglog, tetapi kunjungi kembali mereka 3 hari kemudian. Kirimkan pesan atau private message yang menanyakan kabar mereka. Bila dilihat dari negara asalnya bukan Indonesia maka coba sesekali posting dengan bahasa Inggris dan sampaikan bahwa Anda baru saja membuat artikel menarik dan sertakan judulnya. Jadi tidak hanya mendapatkan visitor unik tetapi juga yang loyal dan setia mampir kembali.

Sekedar tambahan, banyak yang bertanya kenapa yang saya tonjokan hanya mybloglog. Jawabannya simple: pertambahan new member sangat cepat dan mudah diidentifkasi. Caranya? Lihat saja warna linknya! Kalau sudah pernah kita kunjungi akan berubah menjadi merah atau merah marun dan yang masih biru menjadi sasaran tembak selanjutnya!

Sebenarnya inti dari belajar SEO adalah menerapkan segudang tips dan cara membuat blogmenjadi ramai pengunjung. Apapun judulnya atau tehniknya, traffic adalah kuncinya utamanya. Biarpun layout template sudah ramah, backlinks sudah jutaan, PR sudah selangit, dan muncul di halaman satu search engine tapi kalau sepi-sepi aja...Ga ada gunanya :D


0 komentar:

jangan luph4 komentarnya yach,,jika sudah melihat dan membaca artikel yang ada,, muakaci ya taz komenNya