resiko mengganti kustom domain blogspot ke domain lainnya

Views

Me-redirect suatu alamat web atau blog tentu saja memiliki beberapa resiko karena blog kita akan dianggap sebagai blog baru oleh search engine. Dibawah ini beberapa resiko yang saya alami ketika memindahkan blog ini ke custom domain
1. Penurunan alexa rank dan Google pagerank (Sementara)
Meredirect sub-domain blogspot ke custom domain tentu saja akan membuat blog kita seperti sebuah blog baru. Penurunan alexa rank dan Google pagerank tentu saja sudah menjadi sebuah resiko yang harus ditanggung ketika kita memindahkan alamat blog kita ke domain baru. Namun permasalahan ini hanya bersifat sementara karena alexa rank dan pagerank kita akan kembali seperti semula secara bertahap. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1-3 bulan untuk kembali ke kondisi semula.


2. Penurunan kecepatan peng-index-an Search Engine (Sementara)
Dengan menurunnya Google pagerank tentu saja akan berpengaruh juga kepada kecepatan pengindexan search engine. Sebagai contohnya, postingan terbaru blog ini baru terindex di search engine setelah 2-3 hari setelah tanggal postingan di publish, hal ini sangat berbeda jauh dengan kecepatan pengindexan sebelum blog ini saya pindahkan ke custom domain, postingan terbaru hanya membutuhkan waktu 1-2 menit untuk terindex di search engine. Permasalahan ini akan kembali seperti semula seiring perkembangan pagerank dan alexa rank blog kita.

3. Kehilangan pembaca melalui Feed (Permanent)
Merubah URL blog tentu saja akan merubah alamat feed blog kita, dengan kata lain kita akan kehilangan pembaca yang telah berlangganan artikel melalui alamat feed blog kita yang lama. Penanganan permasalahan ini akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya mengenai tips memindahkan sub-domain blogspot ke custom domain.

4. Penurunan jumlah pengunjung (Sementara)
Pada saat perubahan sub-domain lama ke domain baru, google secara bertahap akan berusaha memindahkan alamat blog lama ke alamat blog baru, hal ini disebabkan blogspot menggunakan fitur redirect 301 (permanet redirect) ketika kita memasukkan alamat domain baru kita di settingan blogspot. Jumlah halaman blog lama kita yang telah terindex di search engine akan dihapus secara bertahap dan di index ulang ke alamat domain baru. Masa-masa transisi pengindexan google ini lah yang akan menyebabkan pengunjung blog kita menurun untuk sementara.

0 komentar:

jangan luph4 komentarnya yach,,jika sudah melihat dan membaca artikel yang ada,, muakaci ya taz komenNya