BELANJA PINTAR DAN MENGHINDARI JEBAKAN - Tips Smart Shopper

Views

1. Bandingkan harga! Tidak menjadi soal barang tersebut baru atau bekas. Cari info sebanyak-banyaknya tentang harga yang pantas untuk barang tersebut.
2. Baca keterangan produk dengan cermat lalu simpan.  Jangan sampai Anda dibuat bingung oleh keterangan produk yang panjang, info produsen, dan kata-kata pujian untuk produk tersebut. Periksa siapa yang menjual, apa, dan bagaimana keterangan produknya. Apabila tidak ada keterangan, tinggalkan tawaran tersebut.
3. Keterangan jelas dengan foto! Perhatikan hanya tawaran yang serius, dengan keterangan substantif berisi info tentang kondisi produk disertai foto. Apabila hanya ada foto dari satu sisi dan tidak ada keterangan rinci tentang produk, tanyakan kepada penjual. Bisa saja sebuah produk tampak bagus dari satu sisi saja, tetapi pada sisi lainnya terdapat cacat yang tentunya tidak Anda inginkan.
4. Kalkulasikan biaya pengiriman!  Bila Anda membeli produk seharga US$ 10.00  dan harus membayar biaya pengiriman sebesar US$ 7.00, jelas hal ini tidak menguntungkan. Perhatikan apakah Anda membayar ongkos kirim all-in-one atau kiriman dengan asuransi.

Salah kaprah terbesar tentang eBay

Banyak pengguna menganggap eBay adalah lelang yang aman dan memiliki banyak tawaran murah bagi perorangan di Internet. Semua itu tidak benar!
eBay adalah sebuah biro lelang online: Tidak benar! Secara hukum produk dijual melalui eBay, bukan dilelang. Sebuah lelang sebenarnya merupakan acara yang terbatas tempat dan waktunya.

Di eBay hanya perorangan yang ikut lelang dan menawar: Juga tidak benar! Semakin banyak pedagang komersial menemukan “pasar online” ini untuk bisnis mereka. eBay menawarkan (kadang bekerja sama dengan asosiasi pedagang) seminar-seminar bertopik menjual secara profesional bagi para pengusaha.

eBay murah: Keliru! Untuk produk baru atau bekas selalu berlaku: Bandingkan harga! Pada bursa lainnya terkadang dijumpai tawaran yang lebih murah. Tidak ada salahnya membaca koran, mengunjungi toko, atau pasar barang bekas.

eBay tidak bertanggung jawab: Apabila menyangkut hak pihak ketiga, eBay akan diminta bertanggung jawab di pengadilan.

eBay aman: Pencurian ID, keterangan produk yang diubah di menit terakhir, pembeli atau penjual yang tidak dapat dipercaya atau penipu, semua bisa Anda temukan di eBay. Anda hanya bisa belanja dengan aman jika selalu berhati-hati dan melakukan langkah-langkah

0 komentar:

jangan luph4 komentarnya yach,,jika sudah melihat dan membaca artikel yang ada,, muakaci ya taz komenNya